Penyebab Umum Impoten, Pria Wajib Tahu

Disfungsi ereksi atau impoten merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup diwaspadai kaum pria, hal ini dapat mempengaruhi banyak hal seperti tidak dapat berhubungan seksual, menurunkan rasa percaya diri dan membuat hubungan dengan pasangan menjadi renggang.

Impoten terjadi ketika pria tidak mendapatkan atau tidak bisa mempertahankan ereksinyal, sehingga hubungan seksual tidak dapat dilakukan.

Ada banyak hal yang menjadi penyebab impoten, mulai dari masalah emosional hingga masalah fisik. Bagi pria, Anda tentu perlu mengetahui berbagai penyebab impoten bisa terjadi agar dapat menghindari dan waspada terhadap pemicunya.

Berikut beberapa hal yang bisa menjadi penyebab impotensi:

Stres

Stres terjadi ketika tubuh dan pikiran mendapatkan cukup banyak tekanan, hal ini bisa terjadi akibat pekerjaan yang terlalu banyak, masalah keluarga atau hubungan, penyakit lain hingga masalah keuangan.

Meski setiap manusia pernah merasakan stres, Anda perlu segera mencari cara untuk menanganinya agar stres yang sedang terjadi tidak berdampak pada hal lainnya seperti masalah disfungsi seksual.

Gangguan Saraf dan Kondisi Neurologis Lainnya

Hubungan seksual tidak hanya melibatkan raga, namun ini juga melibatkan emosi, pikiran dan otak. Kondisi saraf dapat mempengaruhi hubungan otak dan sistem reproduksi Anda, itulah mengapa gangguan saraf dapat meningkatkan resiko impoten pada pria.

Ada beberapa jenis gangguan neurologis yang berpengaruh terhadap resiko impotensi, seperti alzheimer, multiple sclerosis, stroke, epilepsi, tumor otak dan parkinson.

Kekeraan Seksual Masa Kecil

Selain trauma psikologis dan cedera fisik, kekerasan seksual pada masa kecil juga berpengaruh terhadap timbulnya gangguan seksual pada masa dewasa.

Kekerasan seksual di masa kanak – kanak akan memberikan trauma yang mendalam dan panjang, sehingga mungkin bagi mereka untuk mengalami gangguan seksual seperti impotensi.

Kelelahan

Melakukan hubungan seksual sangat disarankan ketika Anda sedang dalam keadaan tenang dan santai, untuk itu jika Anda sering merasa kelelahan akibat bekerja atau melakukan aktivitas lain, ini dapat berpengaruh terhadap aktivitas seksual Anda serta memunculkan gangguan seksual lainnya.

Gangguan Tidur

Tidur yang cukup akan berpengaruh terhadap kesehatan fisik dan jiwa seseorang, ketika Anda memiliki gangguan tidur seperti sulit tidur atau tidur berlebih, tentu ini bisa menimbulkan dampak buruk terhadap tubuh Anda. Salah satu akibat buruknya yaitu timbul gangguan emosi dan fisik dalam aktivitas seksual seseorang.

Masalah Pembuluh Darah

Ereksi dapat terjadi ketika arteri terbuka dan darah mengalir deras ke penis, setelah darah sampai di penis, ini akan membuat penis mengembang dan menahan ereksi.

Nah ketika Anda memiliki masalah pada pembuluh darah, tentu darah tidak dapat mengalir dengan lancar serta ereksi tidak bisa terjadi.

Bagi pria dengan usia lanjut, yaitu diatas 60 tahun, masalah yang sering terjadi yaitu terhambatnya aliran darah ke penis. Itulah yang membuat mereka tidak bisa mengalami ereksi.

Beberapa kondisi medis lain juga bisa menyebabkan impoten, seperti penyakit jantung, penyakit pembuluh darah perifer, sindrom metabolik, obesitas dan kolesterol tinggi.

Sahabat Medisqu, bagi Anda yang memiliki masalah impotensi disertai dengan gangguan kesehatan lain, pastikan untuk mengobati masalah kesehatan pemicunya terlebih dahulu.

Jika Anda memiliki masalah mental atau psikologis, pastikan untuk segera konsultasi dengan psikiater atau dokter spesialis jiwa agar pemicu impotensi Anda mendapatkan penanganan yang tepat.

Selanjutnya tingkatkan gaya hidup sehat, jauhi rokok dan alkohol, konsumsi makanan sehat tinggi nutrisi seperti buah dan sayur serta rutin olahraga setidaknya 150 menit dalam seminggu.

 

Referensi
Why I am Impoten?. Diakses pada 2020. NHS
5 Common Causes of Impotence. Diakses pada 2020. Healthline

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *