Tips Menumbuhkan Rambut Rontok Pada Pria

Salah satu masalah yang kerap kali dialami oleh pria yaitu rambut yang mulai rontok pada usia dewasa. Menurut American Hairloss Association, pria akan mulai mengalami kerontokan dan penipisan rambut pada usia 35 tahun. 

 

Semakin tua usia pria, maka akan semakin tinggi tingkat kerontokannya. Sebagai contoh, 85 persen pria akan mengalami kerontokan rambut pada usia 50 tahun.

 

Kerontokan rambut yang sering terjadi ada pria, disebabkan oleh banyak hal, normalnya diakibatkan oleh penuaan. Sedangkan pemicu lain yaitu akibat masalah hormonal, keturunan serta kondisi medis tertentu.

 

Nah bagi Anda yang masih berusia muda namun sudah mengalami kerontokan dan penipisan rambut, kali ini Medisqu akan memberikan tips bagaimana menumbuhkan kembali rambut Anda yang rontok.

 

Gunakan Minyak Zaitun

 

Minyak zaitun memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu untuk membantu menumbuhkan rambut Anda yang rontok dan tipis. Tidak hanya minyak zaitun, ada beberapa jenis minyak lain yang bisa Anda coba gunakan, seperti minyak peppermint, minyak rosemary, minyak kelapa dan minyak jarak.

 

Penggunaannya sangat mudah, Anda bisa oleskan sedikit minyak pilihan ke area kepala yang mengalami kerontokan, lakukan cara ini secara berulang. Pastikan sebelum menggunakan secara rutin, Anda harus mencoba mengaplikasikan sedikit minyak tersebut agar Anda mengetahui kecocokan jenis minyak yang akan digunakan pada kulit kepala.

 

Konsumsi Makanan mengandung Biotin

 

Biotin merupakan vitamin yang membantu memperlambat kerontokan rambut. Beberapa makanan yang mengandung biotin seperti telur, bawang, ubi, hingga gandum.

 

Pijat Kepala

 

Memijat kulit kepala membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Saat kulit kepala dipijat, folikel rambut akan terangsang dan pertimbuhan menjadi lebih mudah terjadi.

 

Pijatlah secara teratur setidaknya selama 4 menit setiap hari. Lakukan hal tersebut secara berulang hingga Anda mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Transplantasi Rambut

 

Tidak hanya organ penting, prosedur transplantasi juga dapat dilakukan pada kulit kepala. Transplantasi ini memiliki dua jenis, transplantasi unit folikel dan ekstraksi unit folikel.

 

Transplantasi merupakan prosedur operasi, oleh sebab itu Anda harus menyiapkan biaya yang cukup besar untuk melakukannya. 

 

Konsumsi Obat

 

Konsumsi obat juga bisa menjadi cara lain yang bisa Anda lakukan untuk membantu menumbuhkan rambut rontok, namun konsumsi obat harus berdasarkan anjuran dokter. 

 

Selain konsumsi obat secara langsung, dokter juga bisa merekomendasikan Anda untuk menggunakan salep. Salep yang biasa digunakan yaitu Minoxidil, Anda bisa mengoleskan ke rambut sebanyak 2 kali dalam sehari.

 

Setelah melakukan beberapa cara diatas dan rambut Anda berhasil tumbuh, maka langkah selanjutnya yaitu Anda menjaga kesehatan rambut agar tidak mudah rontok kembali.

 

Pastikan Anda mengkonsumsi makanan yang sehat, gunakan sisir yang jarak geriginya lebih lebar dan rutin periksa ke dokter agar kerontokan lebih mudah diatasi.

 

Itulah penjelasan mengenai cara menumbuhkan rambut rontok pada pria, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *