Berencana Hamil? Ini yang Harus Calon Ibu Lakukan Agar Tubuh Siap

Tubuh siap hamil

Hamil merupakan proses panjang bagi wanita, ini juga proses yang tidak mudah karena akan ada banyak perubahan dan masalah yang mungkin timbul ditengah prosesnya.

Ketika akan hamil, persiapan perlu matang yaitu mencakup hal emosional dan juga fisik. Keduanya sangat berhubungan dan akan mempengaruhi satu sama lain. 

Bagi Anda yang baru saja menikah dan memutuskan untuk segera memiliki anak, tentu Anda harus memiliki tubuh yang siap dan perencanaan yang matang sebelum memutuskan untuk hamil. Apalagi ini adalah pengalaman pertama Anda sebagai seorang ibu. 

Ketika tubuh siap secara maksimal, maka proses kehamilan dapat berjalan dengan baik, tubuh dan janin dalam kandungan selalu sehat, serta masalah kehamilan akan terminimalisir. 

Berikut beberapa tips persiapan fisik sebelum Anda hamil :

1. Konsumsi Multivitamin

Tubuh membutuhkan vitamin yang cukup saat hamil, oleh karenanya akan lebih baik jika Anda mulai konsumsi multivitamin beberapa bulan sebelumnya. Ini bertujuan untuk mencegah kekurangan nutrisi pada tubuh Anda dan janin saat masa awal kehamilan.

Tentunya kekurangan nutrisi dan vitamin saat hamil dapat memberikan dampak negatif bagi tumbuh kembang janin dan kesehatan tubuh ibu secara menyeluruh. 

2. Meminimalisir Konsumsi Obat

Jika Anda tipe orang yang mudah mengkonsumsi obat hanya untuk mengusir sakit kepala ringan dan flu, sebaiknya mulai sekarang perhatikan lagi obat apa saja yang Anda konsumsi. 

Perlu diketahui bahwa konsumsi obat berlebihan dan dosis yang tinggi bisa memberikan pengaruh buruk terhadap kesuburan dan kesehatan janin di masa kehamilan. Untuk itu konsultasikan dengan apoteker atau dokter tentang jenis obat yang masih dalam tahap aman untuk dikonsumsi saat merencanakan kehamilan. 

3. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan menjadi poin penting untuk diperhatikan, ini karena makanan selalu Anda konsumsi setiap hari dan mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Bagi Anda yang senang mengkonsumsi makanan olahan,  cepat saji dan berpengawet, mulai sekarang kurangi atau akan lebih baik jika Anda bisa meninggalkan beberapa jenis makanan tersebut. Gantilah makanan Anda dengan jenis yang lebih sehat seperti sayuran segar organik dan buah – buahan. 

4. Olahraga Teratur 

Olahraga juga menjadi salah satu cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal, oleh karena itu pastikan Anda mulai rutin olahraga 150 menit setiap minggu. 

Anda bisa mencicilnya selama 20 hingga 30 menit setiap hari, mulailah dengan jenis olahraga yang ringan terlebih dahulu seperti berjalan atau yoga. 

5. Perhatikan Usia Ibu 

Usia ibu merupakan hal penting yang harus diperhatikan, semakin tua usia ibu maka akan semakin tinggi resiko masalah dan komplikasi kehamilannya. Begitu juga dengan usia yang terlalu muda, hamil dibawah usia 20 tahun akan meningkatkan resiko masalah kehamilan. 

Misalnya seorang wanita dengan usia tua diatas 35 tahun, maka resiko diabetes gestasional akan meningkat. Untuk itu, waktu terbaik hamil adalah dibawah usia 35 tahun. 

6. Kurangi Stres

Stres bisa berdampak pada kesehatan tubuh dan organ reproduksi, stres yang tidak ditangani dengan baik akan menghancurkan tubuh secara perlahan.  

Ketika stres maka kadar kortisol naik, ini dapat menekan ovulasi dan menurunkan gairah seksual. Jika Anda adalah seseorang yang lebih cepat stres dalam menghadapi persoalan dan masalah, maka kurangi stres dengan melakukan meditasi, yoga, teknik pernapasan hingga membaca. 

7. Dapatkan Vaksin

Mengecek kelengkapan vaksin yang telah Anda dapatkan sangat penting untuk dilakukan, temui dokter Anda dan cek vaksin apa saja yang telah Anda dapatkan. 

Jika belum mendapatkan vaksin yang lengkap, kemungkinan dokter akan memberikan vaksin sebelum Anda merencanakan untuk hamil, Misalnya seperti vaksin rubella dan tetanus. Ini perlu dilakukan agar janin dalam kandungan terhindar dari virus tertentu yang membahayakan proses tumbuh kembang mereka. 

8. Pastikan Kesehatan Gigi dan Mulut

Tahukah Anda bahwa melakukan pemeriksaan gigi dan mulut sangat penting sebelum hamil? Ini karena ada hubungan antara kesehatan gusi dan kehamilan, jika Anda memiliki masalah gusi yang parah maka resiko persalinan prematur akan meningkat. 

Ketika Anda memiliki masalah kesehatan gigi dan mulut secara umum, pastikan sudah ditangani dan diobati sebelum Anda mulai untuk hamil. 

9. Cek Kesehatan dan Penyakit Keturunan

Kesehatan janin dan Anak di masa depan adalah hal penting yang perlu menjadi perhatian Anda sebelum memutuskan untuk hamil. Ada beberapa penyakit keturunan yang mungkin akan Anda wariskan kepada anak. 

Untuk itu pastikan Anda dan pasangan melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh, jika ada penyakit keturunan yang akan mungkin terwariskan kepada anak Anda sudah mengantisipasi hal tersebut. Dokter kemungkinan akan membantu mencegah hal tersebut dapat terjadi pada anak Anda. 

10. Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Proses kehamilan membutuhkan kekebalan tubuh yang baik, Anda bisa mencoba untuk meningkatkan sistem imun dengan konsumsi makanan dan minuman tertentu.

Pilihlah makanan kaya antioksidan, serat,  vitamin C, folat dan nutrisi penting lain yang dapat menunjang kesehatan ibu dan janin. Selain itu, pastikan untuk istirahat yang cukup dan kurangi aktivitas yang berlebihan. 

Sahabat Medisqu, jika Anda kesulitan untuk mempersiapkan tubuh ketika akan hamil, Anda bisa meminta bantuan dokter agar mendapatkan kesehatan dan kesiapan fisik secara maksimal. 

Selalu ingat bahwa semakin sehat tubuh Anda sebelum hamil maka hasil yang didapatkan ketika hamil akan semakin baik. Misalnya masalah kehamilan tidak muncul, persalinan lancar atau Anda dapat melahirkan bayi yang sehat.

Referensi 

  • https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/getting-pregnant/in-depth/preconception/art-20046664
  • https://www.parents.com/getting-pregnant/trying-to-conceive/ready-set-conceive/
  • https://www.healthline.com/health/pregnancy/how-to-prepare-your-body#week-4

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *