Lakukan Ini Agar Bayi Tidur Lelap saat Malam Hari

Bagi ibu yang baru melahirkan umumnya mereka membutuhkan waktu istirahat yang cukup, namun terkadang mereka kesulitan mendapatkan waktu tidur dan istirahat yang cukup karena bayi sering tidak lelap tidur saat malam hari. Akibatnya ibu harus begadang sepanjang malam untuk membuat bayinya tertidur kembali.

Bayi yang baru lahir umumnya akan tidur selama 16 jam setiap hari, sedangkan untuk malam hari mereka akan tidur selama 10 jam.

Bagi Anda seorang ibu yang memiliki bayi dan sedang mengalami masalah ini, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar bayi terlelap saat malam hari, berikut beberapa tips dari Medisqu yang bisa moms lakukan :

1. Berikan ASI yang cukup

Agar bayi Anda tidak bangun saat tidur malam, sebaiknya susui bayi Anda hingga benar – benar kenyang. Untuk waktu menyusui ideal bagi bayi baru lahir yaitu sekitar 20 hingga 40 menit.

Namun selanjutnya waktu menyusui menjadi semakin singkat, yaitu sekitar 10 menit dalam setiap menyusui.

Jika bayi Anda sudah berhenti menyusui sebelum 20 atau 40 menit, sebaiknya ajak bayi Anda untuk menyusu lagi hingga waktu menyusui tercukupi. Dengan begitu Anda sudah yakin jika bayi Anda cukup kenyang saat tidur dan tidak bangun saat tengah malam karena lapar.

2. Buat Jadwal Tidur yang Seimbang

Bayi akan tidur saat pagi, siang dan malam hari. Agar bayi mendapatkan waktu tidur malam yang cukup panjang maka batasi tidur pagi dan siang mereka.

Jika bayi Anda terlalu lama tidur saat siang hari, hal tersebut dapat menyebabkan waktu tidur malamnya berkurang. Ini bisa membuat mereka terbangun di tengah malam dan tidak tidur lagi hingga pagi hari.

3. Buat kamar dan lingkungan tidur yang tenang

Tidak hanya orang dewasa yang kesulitan tidur lelap saat malam hari akibat lingkungan yang kurang tenang dan kamar yang kurang nyaman, namun bayi juga mengalami hal ini.

Untuk itu Anda bisa mempersiapkan lingkungan tidur yang lebih tenang dan hindarkan mereka dari suara bising. Selanjutnya buat suasana kamar menjadi lebih nyaman, misalnya dengan menggunakan pendingin saat siang hari dan pastikan ventilasi udara baik agar kamar bayi Anda tidak lembab dan banyak nyamuk.

4. Buat Jadwal Aktivitas yang Konsisten

Atur aktivitas bayi Anda menjadi 3 bagian, diantaranya tidur, bermain dan menyusui atau makan. Ketika Anda sudah menerapkan aktivitas mereka dengan urutan yang konsisten, maka mudah bagi Anda untuk mengetahui kapan jadwal bangun tidur mereka.

Dengan begitu kecil kemungkinannya bayi Anda akan keluar dari jadwal tidur yang biasanya mereka lewati.

Untuk waktu bermain, Anda bisa membiasakan anak Anda tengkurap atau bawa berjalan – jalan ke luar rumah saat sore hari.

5. Mandi dan Gunakan Pakaian yang Nyaman

Tubuh yang bersih saat tidur dapat membantu bayi tidur lebih lelap, untuk itu pastikan Anda memandikan mereka sebelum tidur agar tubuh bersih. Sebagai tambahan, Anda bisa memandikan mereka dengan menggunakan air hangat.

Diketahui mandi dengan menggunakan air hangat dapat meningkatkan rasa nyaman saat tidur. Selanjutnya, setelah mandi pastikan Anda memakaikan bayi Anda pakaian yang hangat dan nyaman.

Penggunaan jenis pakaian sendiri Anda bisa menyesuaikan dengan yang anak gunakan. Misalnya bayi Anda lebih lelap menggunakan baju yang tipis, maka pakaikan pakaian yang sama untuk waktu tidur selanjutnya.

Referensi

  • https://www.nhs.uk/conditions/pregnancy-and-baby/getting-baby-to-sleep/
  • https://www.healthline.com/health/sleep-training-tips#Sleep-training-is-a-great-way-for-your-baby-to-adopt-consistent-sleep-habits

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *